SOLUSI NYAMAN DAN HEMAT DALAM BERKENDARA






www.nationaldebtrelief.com
   
Ringkasan tulisan terdahulu, mengapa disebut sebagai Penghemat BBM padahal fungsinya ..... Makin hemat ..... kenapa nggak ?  SEMAKIN BERTENAGA KENDARAAN ANDA, SEMAKIN IRITLAH PENGGUNAAN BBMNYA.

Ringkasan tulisan terdahulu, mengapa disebut sebagai Penghemat BBM padahal fungsinya ..... nhanhoenk.blogspot.com
Makin hemat ..... kenapa nggak ?
SEMAKIN BERTENAGA KENDARAAN ANDA, SEMAKIN IRITLAH PENGGUNAAN BBMNYA.

Banyak orang meragukan manfaat dan fungsi alat-2 penghemat bbm yang beredar, itu sah-sah saja namun perlu ada alasan yang tepat karena faktanya tak selalu demikian.
Alat penghemat BBM sebenarnya hanyalah istilah yang umum digunakan sebagai bahasa keseharian agar lebih mdh dipahami karena sebenarnya alat-2 tsb fungsinya adalah untuk meningkatkan tenaga kendaraan dengan bentuk, cara kerja, kemampuan dan kualitas yang berbeda. (masing-masing punya kelebihan dan kekurangan)

Alat-2 pendongkrak tenaga ini digunakan sebagai penghemat BBM untuk kendaraan sehari-2 yang kondisinya masih standart, sehat dan tanpa merubah spesifikasi apapun dari kendaraan tersebut.”.yang sebenarnya tehnologinya diadopsi dari perlengkapan kendaraan di lintasan balap/offroad.

Singkatnya dengan alat tersebut tenaga kendaraan meningkat sehingga kendaraan jadi lebih akseleratif dan responsif dan pengemudi tidak perlu lagi menginjak gas terlalu dalam untuk mencapai kecepatan yang diinginkan, sehingga dengan bukaan gas yang lebih kecil maka konsumsi BBM nyapun jauh lebih sedikit dan ketika jarak dan waktu untuk mencapai batas kecepatan yang diinginkan jauh lebih singkat maka konsumsi BBM yang digunakan jadi berkurang lagi.

Dari akumulasi penghematan waktu dan jarak tempuh pencapaian batas kecepatan yang diinginkan akan terkumpul penghematan BBM yang signifikan, Hitungan bodoh saja misal dengan menghitung harian, menghemat 1 liter per hari saja sebulan sudah hemat 30 L kemudian kalikan dengan harga dan kalikan dengan bulan, dst, namun faktanya bisa lebih jauh dari itu, misal hemat 2 L per hari maka 2 X 7150 = 14.300, kalau 1 bulan X 25 hari kerja sebulan hemat 357.500 rupiah, dikalikan setahun bisa hemat 4.290.000. Kalau hematnya lebih dari 2 L per hari .... silakan hitung sendiri.

Dan kepuasan berkendara jg meningkat karena kendaraanpun jadi lebih nyaman dikendarai, handling lebih mudah, pengemudi lebih relax dengan konsentrasi tidak lagi mengarah pd pedal gas tetapi lebih pd kemudi dan situasi lalu lintas.

Tingkat keberhasilan penghematannya nya relatif antara 10 % s/d 40%., tergantung pada kendaraan, situasi lalu lintas, beban penumpang, tekanan ban, kualitas BBM dll, sehingga hasil pd tiap kendaraan tidak sama, namun gaya mengemudilah yang paling menentukan, semakin smooth dan santun berkendara maka hasil yang diperoleh akan jauh lebih dari yang diperkirakan..

Demikian sedikit ulasan tentang alat penghemat BBM, semoga bermanfaat.
Rasakan bedanya dan nikmati keuntungannya
nhanhoenk.blogspot.com.
POWER CHARGING BOOSTER ( PCB )
PHONE/SMS 0817 11 3334 – 08567317334 - WA 0822 9934 5276 -

Teliti sebelum membeli, lihat fungsi dan kemanfaatannya.

Yang “murah” belum tentu tidak bermutu, namun istilah “ada harga ada rupa" tentu patut dipertimbangkan.
Tetapi tetap diingat “Tidak ada yang sempurna selama masih buatan manusia, karena kesempurnaan hanya milik Yang Maha Kuasa semata.

Rasakan bedanya dan nikmati keuntungannya .... bukan hanya slogan buktikan.
sumber gambar : acc.co.id
nhanhoenk.blogspot.com.



Sumber gambar : acc.co.id




SEMAKIN BERTENAGA KENDARAAN ANDA, MAKA AKAN SEMAKIN IRITLAH PENGGUNAAN BBMNYA. BAGAIMANA BISA ?

Ada apa dengan alat-alat peghemat BBM ?

Yang pasti ketika kendaraan anda jadi lebih bertenaga, lebih  akselerasif dan lebih responsif maka  konsumsi BBM kendaraan anda  jadi lebih hemat dan kendaraan jadi lebih nyaman dikendarai dari sebelumnya. Mengapa ?
nhanhoenk.blogspot.com

Banyak orang meragukan manfaat dan fungsi alat-alat penghemat bbm yang beredar dipasaran, itu sah-sah saja dan terserah  orang mau  menilai, namun seharusnya ketika kita mempunyai pemikiran yang sama demikian kita punya alasan yang tepat mengapa kita meragukannya, bukan sekedarnya meragukan nya tanpa dasar yang jelas.

Alat penghemat BBM sebenarnya adalah istilah yang  umum  yang digunakan sebagai bahasa keseharian agar lebih mudah dipahami karena memang efeknya demikian, namun sebenarnya alat-alat penghemat bbm fungsinya adalah untuk meningkatkan tenaga kendaraan dengan  berbagai macam cara kerja berbeda-beda , sehingga pilihan diserahkan kepada konsumen untuk menentukan pilihan  mana yang paling tepat dan paling menguntungkan,  karena alat-alat tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing dengan kualitas yang berbeda-beda pula.

Tampilan yang wah kadang tak sepadan dengan kemampuannya, namun  istilah  ada harga ada rupa itu patut untuk dipertimbangkan .

A. Alat-alat penghemat BBM tersebut berbasis antara lain pada :
-  pengapian kendaraan (modul pengapian, busi, kabel busi, coil, strapping, ferite,  dll)
-  penyempurnaan/peningkatan kualitas bbm (cairan peningkat oktan/fuel treatment/
    fuel booster), magnet, pipa stainless steel, dll)
-  penyempurnaan/peningkatan kualitas pembakaran (tehnologi cyclon, turbo, NOS, dll)
-  peningkatan kualitas pelumas/olie (oil treatment/oil booster)
-  penyempurnaan/peningkatan kualitas massa kelistrikan kendaraan secara menyeluruh
-  dll

B. Alat-alat pendongkrak tenaga mesin kendaraan/penghemat BBM  ini digunakan untuk
     kendaraan yang dipakai sehari-hari  di jalan raya,  bukan digunakan untuk
     race/offroad, dll , walaupun bisa  juga digunakan untuk itu, namun  untuk kendaraan
     yang akan digunakan untuk event  kompetisi sudah jelas tidak standart  mesin dan
     perlengkapannya dan bukan dipakai  untuk sehari-hari di jalan raya, karena kendaraan
     seperti ini tenaga sangat besar dan bukan hemat lagi ukurannya.

     Dengan dasar pemikiran di atas maka yang disebut dengan alat penghemat BBM
     adalah alat yang ketika dipasang  pada  kendaraan yang  secara keseluruhan standart
     sehat, tanpa merubah spesifikasi  apapun dari kendaraan tersebut,  kemudian secara
     langsung terasa perubahan tenaganya, maka secara otomatis alat ini sebagai alat
     penghemat bbm dikatakan “berhasil”.

     Ukuran “berhasil” inilah yang kemudian dijadikan tolok ukur dengan menggunakan
     istilah  berapa besar prosentase keberhasilan penghematannya konsumsi BBM
     sebelum dan setelah dipasang   alatnya.

C. “Sebenarnya”  Semakin besar perubahan tenaga yang dihasilkan setelah pemasangan
     alat pendongkrak tenaga tersebut,  maka  sudah boleh dikatakan semakin berhasilah
     alat tersebut digunakan sebagai  “alat penghemat BBM”.  Pertanyaannya, bagaimana
     penjelasannya ?
     Secara detail baca postingan-postingan sebelumnya klik di nhanhoenk.blogspot.com

     Namun secara singkat penjelasanannya adalah ketika alat penghemat BBM  apapun
     bentuk dan cara kerjanya  telah terpasang kemudian terjadi perubahan tenaga pada
     mesin  menjadi lebih besar, maka kendaraan jadi lebih akseleratif dan responsif
     sehingga kendaraan akan lebih nyaman dikendarai karena  handling kendaraan jad
     lebih mudah, pengemudi lebih relax dengan konsentrasi  tidak lagi mengarah pada
     pedal gas tetapi lebih  pada kemudi kendaraan  dan lalu lintas jalan raya.  (Hemat
     energi ini yang sangat jarang diperhitungkan, padahal di sinilah nilai plus yang tidak
     terbeli)

     Secara riilnya  adalah ketika tenaga kendaraan telah berubah , kendaraan jadi lebih
     akseleratif, lebih responsif maka kita tidak perlu lagi menginjak gas terlalu dalam
     untuk mencapai kecepatan yang diinginkan, sehingga  dengan bukaan gas yang
     lebih kecil maka BBM yang tersedot untuk pembakaran juga lebih sedikit dan ketika
     jarak dan waktu untuk mencapai batas kecepatan yang diinginkan lebih singkat maka
     BBM yang digunakan juga akan sangat berkurang .

     Dari akumulasi penghematan waktu dan jarak tempuh pencapaian batas
     kecepatan kendaraan yang diinginkan  inilah  yang terkumpul penghematan BBM yang
     signifikan, oleh sebab itu alat-alat seperti  ini sangat terasa fungsi dan manfaatnya
     untuk  penggunaan kendaraan  harian dengan jarak tempuh yang jauh


     Namun berapa prosentase penghematan yang bisa dihasilkan sangatlah relatif  antara
     10 % s/d 40%., karena sangat situasional dengan syarat dan ketentuan berlaku,
     tergantung kendaraannya, situasi lalu lintasnya, cuacanya, beban penumpangnya,
     tekanan bannya,  kualitas BBMnya, dll masih banyak lagi dan yang  paling penting
     adalah faktor pengemudinya, sehingga  hasil pada setiap kendaraan bisa berbeda-
     beda.

Yang  jelas dengan perubahan tenaga kendaraan yang signifikan akan berpengaruh pada seberapa besar penghematan BBM yang diperoleh, namun hal ini tidak berlaku apabila gaya mengemudikan kendaraan  di jalan raya seperti pembalap dilintasan, seberapa baik dan mahalnya alat penghemat BBM  tidak akan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Baca di postingan sebelum-sebelumnya di nhanhoenk.blogspot.com

Demikian sedikit ulasan tentang alat penghemat BBM, teliti  sebelum membeli, sesuaikan dengan kebutuhan dan fungsi  keseluruhan jangka panjangnya.

Semoga bermanfaat.

Tak ada gading yang tak retak, tak ada buatan manusia yang sempurna, karena “Kesempurnaan  hanyalah milik Yang Maha Kuasa”.

nhanhoenk.blogspot.com








HEMAT BBM - TELITI SEBELUM MEMBELI

Anda ingin agar penggunaan BBM kendaraan anda lebih hemat :
Silakan disimak, semoga bermanfaat.
- Pastikan jenis kendaraan anda sesuai dengan kebutuhan, Biasanya kendaraan cc kecil akan jauh lebih hemat dibandingkan dengan kendaraan dengan cc yang lebih besar
- Gunakan bahan bakar yang direkomendasikan oleh pabrik pembuatnya (semakin baik kualitas bahan bakar anda akan semakin jauh lebih efesien)
- Hindari menggunakan velg yang lebih besar dari yang sudah ditentukan
pabrik (velg yang lebih besar akan lebih berat sehingga membebani kerja mesin)
- Hindari menggunakan ban dengan ukuran lebih besar/lebih tinggi/lebih lebar (ban kendaraan dengan ukuran lebih besar pasti akan lebih berat, apalagi dengan tapak yang lebih lebar maka permukaan gesekan antara aspal dan ban juga akan lebih besar)
- Hindari penggunakan aksessories yang akan menambah beban kendaraan
- Hindari penggunaan aksessories yang menyedot banyak listrik kendaraan Semakin besar tenaga listrik yang digunakan untuk mensupply kebutuhan aksesories kendaraan, akan semakin besar beban kerja altenator maka akan semakin berkurang tenaga yang dihasilkan oleh mesin kendaraan, akibatnya kita akan menekan lebih dalam pedal gas untuk mendapatkan tenaga yang diinginkan, sehingga konsumsi bahan bakar menjadi semakin besar/boros.
- Usahakan membeli BBM di tempat yang sama yang memang sudah diketahui kualitasnya.
- Hindari membeli BBM pada saat tanki penampung di POM bensin sedang dalam pengisian, karena kotoran yang terburai dari dasar tangki sangat mungkin tersedot dan masuk ke dalam tanki kendaraan.
- Isilah tanki kendaraan anda pada saat malam hari atau pada pagi hari, hindari pada saat terik matahari , selain kualitas yang jauh lebih baik, isinya pun akan jauh lebih banyak karena partikel partikelnya sedang tidak mengembang. (catatan : suhu terendah bumi adalah pukul 02.30 pagi)
- Usahakan kondisi tanki kendaraan selalu dalam keadaan penuh pada saat tidak digunakan, untuk menghindari pengembunan dan korosi yang dapat mengurangi kualitas bahan bakar
- Hindari kemacetan yang akan membuang-buang bahan bakar kendaraan anda secara percuma
- Perjalanan jauh di sore, malam atau pagi hari akan membuat bahan bakar anda jauh lebih hemat. Hindari perjalanan di siang hari yang terik karena bahan bakar kendaraan anda akan jauh lebih boros.
- Yang terakhir adalah gaya menyetir pengemudi kendaraan yang jauh lebih mempunyai peranan penting dalam menentukan seberapa besar penghematan bahan bakar kendaraan anda. Perlu diingat, jalan raya bukanlah arena balap, Semakin dalam pedal gas kendaraan diinjak, semakin besar tenaga yang dihasilkan, semakin cepat kendaraan melaju, tetapi akan semakin besar pula bahan bakar yang dibutuhkan.

Nantikan tips selanjutnya.
nhanhoenk.blogspot.com






sumber gambar : www.quotationof.com


TIPS HEMAT BBM KENDARAAN ANDA
Sederhana tetapi jarang diingat orang :
- Periksa tekanan ban sesuai dengan standart yang berlaku, setiap kendaraan berbeda yang disesuaikan dengan kebutuhan/beban yang diangkut. Semakin rendah tekanan ban akan semakin berat beban kerja mesin kendaraan, maka akan semakin boros penggunaan bahan bakarnya
- Beban penumpang berlebih juga membuat penggunaan bbm jauh lebih boros.
- Salah satu roda atau dua roda atau tiga roda atau semua roda anda mengalami gangguan karena sistem pengereman yang macet, atau bearing roda macet juga akan membuat beban mesin kerja mesin maka segera bawa ke bengkel untuk diperbaiki atau diganti
- Usia oli yang sudah terlalu lama juga akan berpengaruh pada kinerja mesin kendaraan karena tingkat kekentalan olie yang sudah berkurang, kotor, dll akan menyebabkan daya lubrikasi berkurang, gesekan komponen pada mesin lebih keras sehingga , beban kerja mesin bertambah, suhu jmesin meningkat dan bahan bakar jadi tidak efisien.
Sedikit : mudah-mudahan jadi manfaat
nhanhoenk.blogspot.com

sumber gambar : www.kaluqinastyle.com


TRIK BERKENDARA HEMAT BBM 

Ulasan tambahan dari tips tips sebelumnya
- Hindari cara mengemudi yang terkesan tergesa-gesa dan kasari dengan menekan pedal gas dengan keras dan kemudian melakukan pengereman secara mendadak, lakukan semuanya dengan lembut.
- Menekan gas sebaiknya dengan cara perlahan tetapi pasti.
- Lakukanlah pengereman dari kecepatan tinggi ke rendah secara bertahap dan perlahan-lahan.
- Jaga jarak aman kendaraan anda dengan kendaraan di depan, supaya pada saat pengereman mendadak anda masih punya jeda untuk melakukan pengereman secara bertahap.
- Jaga jarak kendaraan anda terutama dengan angkutan umum di depan anda sehingga ketika angkutan umum berhenti untuk menaikkan dan menurunkan penumpang anda masih punya kesempatan untuk mendahaului dan tidak perlu berhenti menunggu angkutan umum di depan anda melaju kembali.
- Bila anda melalui jalan-jalan yang banyak melewati perempatan, kemudikan kendaraan anda dengan santai, lebih baik kendaraan terus melaju walaupun dengan kecepatan rendah dari pada dengan kecepatan tinggi tetapi harus berulang kali menekan rem secara mendadak karena lalu lalang kendaraan atau karena lampu merah.
- Perhatikan jadwal yang anda akan lakukan paling tidak satu hari sebelumnya, supaya anda bisa memperkirakan waktu tempuh mencapai tujuan dari tempat anda tanpa harus melakukan perjalanan dengan tergesa-gesa.

Selamat beraktivitas, semoga sukses.
Ingat jalan raya adalah milik semua pengguna jalan.
Semua punya hak dan kewajiban yang sama untuk saling menghargai dan dihargai dan saling bertoleransi
Rambu lalu lintas adalah peringatan untuk ditaati bukan untuk dilanggar. Jika terjadi kecelakaan karena anda melanggar lalu lintas berarti anda telah berniat mencelakai orang lain yang tak berdosa.
Ingat kejadian tersebut bisa dialami kepada siapa saja, kepada diri anda, ayah ibu anda, saudara-saudara anda, istri anda, anak-anak anda dan orang-orang yang anda sayangi.
Keselamatan kita semua di jalan raya ada ditangan anda-anda dan kita semua.
nhanhoenk.blogspot.com



www.secureourdream.com



MENGAPA PENGGUNAAN BBM KENDARAAN SAYA KADANG IRIT KADANG BOROS. APAKAH PENYEBABNYA ?

Banyak sekali pengguna kendaraan yang concern terhadap penggunaan BBM yang merasa kendaraannya dirasa tidak stabil konsumsi bahan bakarnya Antara lain penyebabnya :

- Jalanan yang macet
- Cuaca panas terik yang meyengat.
- Seringkali berhenti dan pakir cukup lama dengan kondisi mesin dan ac menyala
- Membeli BBM disiang hari yang sangat terik
- Kualitas BBM yang kurang baik
- Ada kerusakan pada sistem pengereman atau bearing (macet/tidak lancar putarannya)
- Suhu mesin terlalu tinggi
- Tekanan ban yang kurang dari yang disarankan (lihat petunjuk pada kendaraan)

- dll


Namun ada satu yang sangat jarang diperhatikan oleh pengemudi adalah
'CARA MENGEMUDI / GAYA BERKENDARA"

Dengan kendaraan yang sama, jarak yang sama, kondisi cuaca yang sama, BBM yang sama, dll namun dengan pengemudi yang berbeda maka penggunaan BBM nyapun akan berbeda pula.

Mudah-mudahan jadi manfaat, selamat berkendara, hati-hati di jalan. Ingatlah keselamatan orang lain adalah keselamatan anda dan keluarga. Jalan raya bukan untuk pamer kemampuan dan keberanian apalagi jadi arena balap. Santun di jalan dan taat peraturan itu mencerminkan siapa diri anda sebenarnya.
nhanhoenk.blogspot.com




www.abdullahj.com



TIPS AMAN BERKENDARA DIMUSIM HUJAN JILID I

Sekarang musim hujan telah tiba, cuaca yang berubah-ubah membuat kita sulit untuk memprediksi kapan hujan akan turun.
Namun yang perlu diingat adalah bagaimana mempersiapkan kendaraan kita serta kiat-kiat kita pada saat mengendarai kendaraan pada saat musim hujan.

1. Periksa kembali karet wiper pembersih kaca apakah masih layak digunakan atau sudah perlu diganti.
2. Periksa tanki air penyemprot wiper apakah airnya masih cukup atau perlu ditambah. Untuk yang sudah mengggunakan cairan khusus pembersih kaca cukup ditambahkan saja, tetapi yang menggunakan air biasa ada baiknya diberikan sedikit saja sabun/shampo pencuci mobil yang sudah diencerkan atau shampo/sabun colek yang sudah diencerkan , supaya kotoran kaca lebih mudah dibersihkan.
3. Hindari mengaktifkan wiper pada saat kaca dalam kondisi kering, merusak lapisan atas kaca dan karet wiper itu sendiri. Lakukan penyemprotan ke kaca secara otomatis secukupnya untuk pembersihan awal sebelum wiper digerakkan.
4. Pada saat wiper kendaraan sedang tidak dipergunakan dalam jangka waktu lama ada baiknya diberkan ganjal pada tangkai wiper supaya karet wiper tidak cepat rusak.
5. Untuk kendaraan ber AC pada saat hujan turun menutup kaca jauh lebih aman dan nyaman, namun untuk kendaraan yang tidak menggunaklan ac atau ac dalam keadaan tidak maksimal, ada baiknya kaca dibiarkan sedikit terbuka supaya kaca depan dibagian dalam tidak terlalu cepat mengembun sehingga menutup pandangan mata. Atau lap kaca mobil bagian dalam menggunakan lap basah dan satu batang rokok (kretek lebih baik) yang sudah dihancurkan.

Bersambung ..........
nhanhoenk.blogspot.com



sumber gambar : www.alufimoto.com


TIPS AMAN BERKENDARA DIMUSIM HUJAN .... Jilid II
............................... (sambungan)

Ada beberapa kondisi yang jarang dipahami seorang pengendara ketika berkendara dimusim hujan :


1. Jalanan akan lebih licin adalah ketika hujan baru saja turun atau dalam kondisi rintik-rintik serta kondisi baru saja selesai berhenti dibandingkan pada saat kondisi hujan lebih stabil
2. Hindari melaju dengan kecepatan tinggi melewati genangan air yang tinggi, akan terjadi akibat yang fatal, lebih baik kurangi kecepatan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Cipratan air bisa saja masuk ke ruang pembakaran atau bisa juga ke altenator yang mengakibatkan mesin mati seketika.
3. Karakter ban yang digunakan baik ukuran, tinggi ban, lebar tapak, dll juga sangat berpengaruh pada saat dikendarai dimusim hujan dibandingkan dengan dikendarai dimusim panas.
Penggunaan tapak ban lebar pada saat kondisi jalan kering/sedikit basah masih akan mencengkeram kuat pada permukaan aspal, namun perlu diketahui dengan kondisi genangan air yang cukup tinggi dan mengalir ada kecenderungan justru kendaraan selip karena tapak ban yang mengambang di atas permukaan air.
4. Seusai melewati genangan air terutama pada saat pertama kalinya pastikan kondisi rem anda masih berfungsi dengan baik. Cobalah dengan menginjak rem dengan sangat perlahan agar kampas rem/piringan/tromol secara perlahan mengering.
Hal ini perlu dilakukan karena pada saat pertama kali roda kendaran basah oleh air kotoran yang menempel berupa debu, tanah, lumpur dll pada kampas rem/piringan/tromol terlepas dan menjadi sangat licin maka daya cengkeram rem akan sangat berkurang, akibatnya kendaraan tetap melaju walaupun rem telah diinjak dengan kuat.
Dan ada pula beberapa jenis kendaraan yang bermasalah pada sistem pengereman setelah keempat rodanya basah melewati genangan air dimana pedl rem sudah diinjak namun kendaraan tidak bisa berhenti seketika.
5. Dalam keadaan terpaksa karena kendaraan sudah tergenang air dan kemudian mogok serta akan ada kemungkinan terendam air, sebaiknya segera putuskan kontak kelistrikikan kendaraan denagn melepaskan kabel plus (merah) dan minusnya (hitam) dari aki., untuk mencegah terjadinya hubungan arus pendek pada kendaraan anda.

Sementara demikian tips aman berkendara dimusim hujan .... semoga bermanfaat ... tetap berhati-hati dalam berkendara, hargailah pengguna jalan lainnya, maka andapun akan dihargai
nhanhoenk.blogspot.com





sumber berita : infobandung.co.id



SOLUSI AMAN DAN NYAMAN DALAM BERKENDARA MOTOR DI JALAN RAYA PADA MUSIM PENGHUJAN JILID I

1. Periksa tekanan kedua ban, isi tekanan angin sesuai kebutuhan, jangan kurang karena laju kendaraan     tidak stabil dan sulit dikendalikan dan bahan bakar boros serta mudah bocor. Jangan terlalu keras, bensin  memang jadi lebih irit tetapi bahayanya gesekan antara ban dan aspal sangat sedikit akibatnya sangat licin,   sehingga salah sedikit dalam menghandle kendaraan resikonya anda akan tergelincir dan kalau terlalu panas kondisi ban, maka ban meletus karena tak kuat menahan tekanan.
2. Periksa alur/kembangan ban apakah masih tebal atau sudah tipis/rata, kalau sudah tipis/rata segera ganti.   Fungsi alur/kembangan ban adalah untuk mencengkeram aspal supaya tidak mudah terpeleset, kalau alur/kembangan ban sudah tipis/habis/rata ketika berada ditikungan kendaran akan sangat mudah   tergelincir, begitu pula apabila sedang melakukan pengereman mendadak. 
3. Rem adalah faktor yang sangat berperanan penting dalam menjaga keselamatan anda, kondisi rem harus selalu prima, kampas tebal, bebas karat, bebas macet, olie cukup dan harus cukup pakem kalau dipergunakan.
4. Periksa semua lampu apakah dalam kondisi sempurna menyala sesuai dengan fungsinya. Mengapa ?       Pada  saat hujan gerimis atau deras pandangan pengemudi kendaraan lainnya juga tidak sempurna, bisa    karena terhalang oleh deranya air hujan, atau bias karena aliran air yang turun melewati kaca mobil/kaca helm. Lampu yang kita gunakan adalah memberikan tanda tentang keberadaan kita dan arah kemana kita akan tuju (sign kiri dan kanan)
5. Periksa kabel kabel dan sambungan pastikan dalam kondisi terbungkus dengan isolator, segera perbaiki   apabila ada masalah.
6. Pastikan sambungan antara kabel busi dengan kepala connector yang menghubungkan ke busi dalam kondisi rapat/elastis/menggigit dengan kuat. Apabila sudah tidak rapat/tidak elastis/tidak menggigit dengan baik ganti segera atau bungkus dengan isolasi yang bagus sehingga air tidak mudah masuk ke dalamnya pada saat melewati genangan air. 
7. Pastikan semua komponen yang fungsinya digerakkan tidak mengalami gangguan (macet) karena berkarat, gunakan pelumas/grease yang tepat.
8. Gunakan helm yang terstandart, gunakan kaca helm yang terang tetapi berpelindung, hindari menggunakan kaca helm yang terlalu gelap atau kusam, selain membahayakan diri sendiri juga membahayakan orang lain.

Demikian Solusi aman dan nyaman dalam berkendara motor di jalan raya pada musim penghujan jilid I, yang merupakan persiapan sebelum berkendara di jalan raya.

Keselamatan diri tidak bisa diganti dengan apapun termasuk uang.
Menjaga keselamatan diri sendiri berarti anda telah menyelamatkan diri orang lain juga, termasuk orang-orang yang ada kasihi dan anda sayangi.

Pesan ini disampaikan oleh :
nhanhoenk.blogspot.com




Foto Solusi Hemat Bahan Bakar.

sumber gambar : modifikasi.co.id



SOLUSI AMAN DAN NYAMAN DALAM BERKENDARA MOTOR DI JALAN RAYA PADA MUSIM PENGHUJAN JILID II

1. Jangan lupa berdoa sebelum memulai perjalanan, karena maut tidak pernah kita duga kapan akan menjemput kita
2. Nyalakan lampu depan, sesuai perturan lalu lintas sekarang demi keselamatan kita.
3. Ingat jalan raya "BUKAN ARENA BALAP". Kalau kalah malu, apalagi celaka, kalaupun menang nggak akan jadi tenar.
4. Hormati pengguna jalan lainnya, mereka punya hak yang sama dengan kita sebagai pengguna jalan.
5. Kondisi jalan pada saat hujan sangat berbeda dengan kondisi pada saat panas. Terutama beberapa saat hujan mulai turun rintik-ritik dan beberapa saat setelah hujan reda. Beberapa saat setelah hujan turun rintik-rintik debu di jalanan akan bercampur air hujan membuat permukaan aspal menjadi licin dan begitu pula dengan kondisi setelah hujan baru saja reda. Permukaan aspal yang masih basah akan menjadi lebih licin.
6. Dalam situasi hujan hindari mengendarai dengan kecepatan tinggi, berhenti, berbelok, pindah jalur, berputar arah secara mendadak, karena kemungkinan anda bisa tergelincir, namun yang lebih berbahaya adalah kendaraan dari belakang atau di depan anda yang tidak mampu menguasai kendaraanya karena  jarak pengereman yang jauh lebih panjang dan sangat dimungkinkan gagal. Akibatnya kita lebih fatal karena ditabrak dari belakan atau ditabrak dari depan.
7. Gunakan lampu tanda untuk berbelok sebelum anda berpindah posisi dengan memberikan ancang-ancang  secara perlahan supaya kendaraan di belakan/di depan tahu bahwa kita akan berbelok/pindah  jalur/berputar arah.
8. Gunakan kaca spion dengan benar, kaca spion hanya untuk melihat apakah ada kendaraan lain dibelakang kita, tetapi sama sekali tidak dapat digunakan sebagai patokan apakah kita dalam posisi aman untuk berbelok atau berpindah posisi karena kita sama sekali tidak dapat memperkirakan berapa kecepatan kendaraan di belakang kita. Oleh sebab itu walaupun sudah melihat kaca spion anda tetap harus berhati-hati apakah posisi anda sudah aman untuk berbelok atau berpindah jalur.
9. Hindari genangan air pada saat hujan kalau anda tidak yakin dengan kondisi jalan yang anda lewati. Karena lubang yang besar dan dalam pun tidak akan dapat kita perkiraan. Dan akibatnya bisa fatal kalau kita tetap menerjangnya.
10. Apabila seluruh permukaan jalanan sudah terendam air dengan kedalaman sekitar 30 - 40 cm atau lebih dari setengah ban kendaraan, lebih baik putuskan segera berhenti mencari tempat yang aman, sambil menunggu hujan reda dan genangan menyusut, karena kita tak pernah tahu apa yang ada di depan kita.

Apa yang ditulis di atas adalah bentuk unsur kehati-hatian dalam berkendara di jalan raya khususnya kendaraan roda 2, karena masalah sekecil apapun resikonya bisa fatal.

Namun tidak semua orang punya kesadaran untuk itu. Ingat pepatah 'SESAL KEMUDIAN TAK BERGUNA".

Karena kelalaian/ketidakpedulian/kesembronoan yang kita lakukan tidak hanya membahayakan diri dan keluarga kita sendiri tetapi bisa mecelakai orang lain dan keluarganya. Begitu pula sebaliknya dengan kelalaian/ketidakpedulian/kesembronoan yang orang lain lakukan tidak hanya membahayakan diri dan keluarganya sendiri tetapi bisa mecelakai kita dan keluarga kita juga.

Pada hakekatnya kita menghormati hak orang lain adalah menghormati diri kita endiri.
Awal suatu kecelakaan yang fatal tidak hanya disebabkan oleh unsur kelalaian saja tetapi lebih banyak akibat unsur kesengajaan karena melanggar aturan lalu lintas. (Tetap melaju walau lampu lalu lintas sudah berwarna merah, melawan arus, masuk di jalan yang bukan haknya, melanggar tanda larangan di jalan satu arah, dll)

Pesan ini di sampaikan oleh : nhanhoenk.blogspot.com
Semoga bermanfaat






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar