Senin, 23 Juli 2012

POWER CHARGING BOOTER ( PCB )






nhanhoenk@gmail.com
nhanhoenk@yahoo.co.id
0817 11 33 34

Smart Solution


PCB SEPEDA MOTOR DAN PCB MOBIL


FORUM :

Apakah PCB itu ?

PCB kependekan dari Power Charging Booster, suatu alat yang dibuat untuk mengoptimalkan dan menstabilkan sistem kelistrikan pada kendaraan yang menggunakan aki sehingga mesin lebih bertenaga dan lebih responsif, dimana tenaga kendaraan dipertahankan pada titik optimal baik pada putaran tinggi maupun rendah meski semua fungsi peralatan elektrik kendaraan sedang dioprasikan secara maksimal 

Apa kegunaan  PCB ?


    • Dengan PCB (Power Charging Booster) sistem kelistrikan pada kendaraan akan menjadi optimal,  karena selain lebih kuat dan juga lebih stabil kinerja CPU pun menjadi lebih maksimal,  yang menyebabkan performa kendaraan yang menggunakan sistem kelistrikan berbasis accu  dan penyuplai kelistrikannya mengandalkan kemampuan kerja pada CPU yang bergantung  pada kestabilan seluruh sensor yang membentuk data dan sinyal  dalam mengkoordinasikan berbagai fungsi kelistrikan untuk  bekerja  secara bersamaan akan lebih sempurna.

    • Sistem kelistrikan yang kuat  dan stabil pada mesin kendaraan akan meningkatkan tenaga dan akselerasi kendaraan. 

    • Sirkuit dalam PCB menjamin putaran mesin (RPM) dalam jangkauan untuk meningkatkan  akselerasi dan mengoptimalkan kecepatan kendaraan

    •  Penggunaan PCB akan meningkatkan kinerja audio, lampu, AC dan aksesoris lainnya yang menggunakan listrik kendaraan hingga mencapai potensial maksimum.

Apakah keunggulan  PCB ?
  • PCB sangat fleksibel karena dapat digunakan untuk semua jenis mesin kendaraan yang menggunakan accu, antara lain :
o   Kendaraan roda dua (sepeda motor ber cc kecil maupun (besar) 
o   Kendaraan roda tiga/niaga/angkutan
o   Kendaraan roda empat (Bensin maupun Diesel)
o   Kendaraan angkutan (Bus, Truck, dll) 
o   Alat-alat Berat (Traktor, Buldozer dll)
o   Kapal laut  (kapal nelayan, patroli, dll) dan mesin      industri denganspesifikasi yang sesuai 
  • PCB meningkatkan kinerja kendaraan secara keseluruhan, tidak hanya pada peningkatan kemampuan mesin saja, tetapi juga peningkatan pada seluruh kinerja peralatan kendaraan yang performanya bergantung pada sistem kelistrikan. 
  • Prosedur pemasangan PCB  sangat mudah, hanya perlu menghubungkan kabel merah PCB pada  (+) Accu dan kabel hitam PCB pada bodi, block mesin, chasis atau pada terminal negatif (-) accu. (apabila terpaksa)
  • Tidak perlu merubah spesifikasi dan setting mesin, hanya disarankan melakukan tune up setelah pemasangan PCB agar memberikan hasil yang maksimal.
  • Tidak perlu perawatan secara khusus .


Apa hasil setelah pemasangan PCB pada kendaraan ?

  • Start mesin lebih mudah
  • Suara mesin lebih halus
  • Idling lebih stabil
  • Ac lebih dingin, audio lebih jernih, sinar lampu lebih terang/putih
  • Induksi magnet dari mesin terserap
  • Tenaga mesin meningkat
  • Akselerasi lebih responsif
  • Emisi gas buang lebih sempurna
  • Penggunaan BBM lebih hemat
  • Usia Accu lebih panjang
  • Berkendara jadi lebih nyaman 


Yang perlu diperhatikan setelah pemasangan PCB pada kendaraan :

-        Sistem kelistrikan pada kendaraan sangat kompleks, sehingga hasil maksimal  yang diperoleh masing-masing kendaraanpun bisa berbeda.
-         Hal ini berkaitan dengan perbedaan massa (-) kendaraan yang tersebar di seluruh bodi, chasis, mesin kendaraan. Pada kasus-kasus tertentu perlu dilakukan perubahan pada instalasi kabel hitam/massa karena dengan perubahan pemasangan kabel hitam massa PCB dari chasis ke bodi atau  ke blok mesin bisa  memberikan hasil yang berbeda pada kinerja kendaraan.
-         Pada kasus-kasus tertentu, pedal gas menjadi  sangat ringan, sehingga perlu penyesuaian kontrol pada pedal. Atau sebaliknya, pedal gas terasa agak berat, namun  tenaganya menjadi sangat besar. Namun pada umumnya hasil terbaik diperoleh jika kabel massa dihubungkan pada bodi kendaraan.
-         Hal lain yang mungkin terjadi adalah apabila kondisi aki sudah kurang baik, aki  bisa dengan cepat mati karena ketidakmampuan aki bekerja pada titik optimal,  yang bisa diakibatkan  oleh usia aki sudah hampir habis masa kerjanya atau pernah short  karena air aki yang kurang/habis atau karena sebab lain atau bisa juga karena memang kondisi aki yang kurang bagus (meski aki masih baru).
-         Secara teori  PCB membantu  kinerja aki untuk tetap bekerja pada kondisi optimal, sehingga kondisi aki yang kurang baik tidak mampu bertahan pada kondisi optimal. Namun sebaliknya apabila kondisi aki memang bagus, maka beban kerja aki akan terbagi dengan PCB sehingga memungkinkan aki akan bertahan lebih lama dibandingkan tanpa PCB. 
-        Konsumsi BBM dengan menggunakan PCB akan menjadi lebih efisien,  karena dengan bertambahnya tenaga mesin kendaraan maka akselerasi dan kecepatan kendaraan menjadi maksimal, sehingga kaki tidak perlu terlalu dalam menginjak pedal gas.
-         Ada sebagian pengguna PCB mengeluhkan konsumsi BBM yang menjadi lebih boros? Ada hal-hal yang sering dilupakan oleh pengemudi setelah pemasangan PCB, yaitu cara mengemudi. PCB dibuat bukan untuk  mobil balap di arena jalan raya, walaupun dapat digunakan untuk kebutuhan khusus seperti di sirkuit maupun untuk off road. Namun karena penggunaan PCB disini lebih mengarah pada kenyamanan  berkendara dengan akselerasi dan tenaganya lebih optimal,  maka diharapkan cara/gaya  mengemudi dalam berkendara juga tidak berubah, sehingga efisiensi BBMnya akan sangat terasa. Mengapa ?     Yang sering dilupakan pengemudi setelah pemasangan PCB adalah cara/gaya mengemudi,  karena dengan meningkatnya akselerasi kendaraan yang lebih cepat, lebih reponsif serta pencapaian kecepatan maksimal RPM dalam jangkauan yang lebih optimal,   seharusnya pengemudi tidak perlu  menekan pedal gas terlalu dalam karena akselerasi/kecepatan yang diinginkan jauh lebih cepat tercapai. Jadi selain akan mengurangi ketinggian putaran mesin/RPM,  juga akan menghemat waktu beberapa detik untuk mencapai kecepatan yang diinginkan. Namun bila cara sebaliknya yang dilakukan maka hasilnya pun akan berbanding terbalik dengan apa yang diharapkan.  
-         Hal di atas dapat dimaklumi karena pada awal-awal pemasangan PCB sensasi tersebut masih sangat terasa sehingga tanpa kita disadari cara kita menekankan gas menjadi lebih dalam  karena  handling  kendaraan yang terasa lebih nyaman dan mengasyikan, tetapi selanjutnya setelah terbiasa cara/gaya mengemudi akan kembali seperti sedia kala.  


Adakah saran lain setelah pemasangan PCB untuk hasil maksimal ?

 Saat pemasangan kabel minus diusahakan terbebas dari cat, karat dan benda-benda lainnya yang mengurangi hantaran arus seperti karet, packing, coating, dll

-      Bisa dicoba dengan memindah-mindahkan kabel hitam/massa  PCB ) sesuai petunjuk di atas sampai ditemukan posisi pemasangan kabel hitam/massa yang menghasilkan kinerja paling tinggi.

- Dari pengalaman, penggunaan aki berkapasitas lebih besar, memberikan hasil yang lebih maksimal.

- Perubahan penggunaan kabel massa yang lebih besar atau penambahan kabel massa pada beberapa titik juga sangat berpengaruh pada hasil yang diharapkan.

Sebagai catatan : Tidak disarankan untuk memindah-mindahkan 1 (satu) PCB dari satu mobil ke mobil yang lain dalam waktu singkat dengan maksud untuk mencoba/membandingkan hasil, kecuali direncanakan untuk dipasang permanen di mobil yang lain.

Mengapa ? ...................jawabannya .......... saya akan sampaikan dilain waktu.

Demikian sekilas info tentang PCB (POWER CHARGING BOOSTER) semoga bermanfaat dan sukses untuk kita semua. (Aamiin). 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar